Wednesday, October 30, 2013

Pembuatan RPP Mengadministrasi Server Dalam Jaringan Kurikulum 2006


Pembuatan Silabus Kurikulum 2006


Monday, October 28, 2013

Identifikasi dan Analisis Masalah PTK


Fakta di kelas :
  1. Terdapat beberapa siswa yang datang terlambat saat proses pembelajaran akan berlangsung.
  2. Materi disampaikan dengan metode ceramah
  3. Siswa tidak berani untuk bertanya
  4. Jawaban siswa dalam latihan soal tidak focus dan banyak yang tidak diisi
  5. Nilai siswa dibawah KKM
  6. Tidak ada yang bertanya pada saat guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.

Identifikasi Masalah :
  1. Kualitas proses belajar (fakta no 1,3,4,6)
  2. Pemahaman siswa/kualitas hasil belajar (fakta no 5)
  3. Metode (fakta no 2)
Temuan :
Kualitas proses belajar dan hasil belajar masih rendah

Analisis Masalah :
Metode pembelajaran sangat monoton dan membosankan

PEMECAHAN MASALAH
Materi disampaikan dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) agar menarik siswa untuk lebih memperhatikan pembelajaran.

JUDUL PTK
PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MENGADMINISTRASI SERVER DALAM JARINGAN TKJ KELAS XI SMKN 2 CIAMIS MELALUI PENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT MOTIVATION)

RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan kualitas hasil belajaran mengadministrasi server dalam jaringan TKJ siswa kelas XI SMK Negeri 2 Ciamis ?
  2. Apakah dengan penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMKN 2 Ciamis dalam mempelajari mengadministrasi server dalam jaringan?
  3. Apakah dengan penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan rasa senang siswa kelas XI SMKN 2 Ciamis dalam mempelajari mengadministrasi server dalam jaringan? 
TUJUAN PENELITIAN
  1. Meningkatnya hasil belajar siswa dalam belajar mengadministrasi server dalam jaringan TKJ dengan metode STAD
  2. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar mengadministrasi server dalam jaringan TKJ dengan metode STAD
  3. Meningkatnya rasa senang siswa dalam belajar mengadministrasi server dalam jaringan TKJ dengan metode STAD.

Wednesday, October 23, 2013

Membuat Indikator KI3 dan KI4


TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
C2 DASAR PROGRAM KEAHLIAN

Mata Pelajaran
:
JARINGAN DASAR
Kelas / Semester
:
X/1
Pertemuan ke 
:
1
Alokasi Waktu
:
4 x @ 45’ menit


1. KOMPETENSI INTI

1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung -jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro -aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan , kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

2. KOMPETENSI DASAR
1
a. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
b. Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
c. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
2
a. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
b. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3
a. Memahami konsep jaringan komputer
b. Memahami model OSI dalam jaringan komputer
c. Memahami topologi jaringan
d. Menganalisis media yang sesuai dalam komunikasi data jaringan
e. Memahami protokol jaringan
f. Memahami protokol pengalamatan jaringan
g. Memahami perangkat keras jaringan
h. Memahami sistem operasi jaringan
i. Memahami pengembangan jaringan sederhana
4
a. Menyajikan kebutuhan jaringan suatu organisasi
b. Menyajikan perangkat yang sesuai pada masing-masing lapisan OSI
c. Menyajikan jaringan sederhana menggunakan topologi tertentu
d. Menalar jenis media yang sesuai dalam komunikasi data jaringan
e. Menyajikan penggunaan protokol dalam jaringan
f. Menyajikan penggunaan protokol pengalamatan dalam jaringan
g. Menyajikan perangkat keras jaringan yang sesuai dengan kebutuhan
h. Menyajikan sistem operasi untuk jaringan
i. Menyajikan hasil pengembangan jaringan sederhana

3. INDIKATOR
KD3
a.
  Menjelaskan Teori dasar jaringan komputer
  Menjelaskan Teori jaringan Local Area Network (LAN)


KD4
a.
  Melakukan pengkabelan
  Mengukur hasil pengkabelan

4. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Memahami konsep dasar jaringan komputer
2. Memahami jaringan Local Area Network (LAN)
3. Mampu menerapkan pengkabelan
4. Mampu melakukan pengukuran kabel jaringan.

KOLABORASI TIK PADA MATPEL

MATA PELAJARAN
SEJARAH INDONESIA

KELAS
X

NO KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifikasi sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 3.1. Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.

Mencari sumber di internet tentang pengertian-pengertian tersebut, kemudian tampilkan di blog masing-masing
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.
3.3. Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid).

Membuat history profile nenek moyang indonesia dengan menggunakan power point dan menampilkannya di kelas, selanjutnya power point di simpan di slide share internet
3.4. Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
3.5. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha

di Indonesia.
3.6. Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Mendownload dan menampilkan video-video tentang bukti-bukti kerajaan2 Hindu Budha dari youtube, kemudian membuat akun youtube dan menyimpan kembali secara berkelompok.
3.7. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
3.8. Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Mendownload dan menampilkan video-video tentang bukti-bukti masuknya islam dari youtube, kemudian membuat akun youtube dan menyimpan kembali secara berkelompok.

Rating Histats

Kategori Berita