Tuesday, September 25, 2012

Membuat VM di Proxmox dan mengatur hak akses VM

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas cara instalasi Proxmox, maka kali ini kita akan melanjutkan untuk membuat Virtual Manager (VM) berikut dengan pemberian hak akses terhadap VM yang telah kita buat nanti, dengan memberikan hak akses maka setiap user dapat menjalankan VM dengan aman tanpa harus terganggu oleh hal apapun selagi username dan passwordnya masih terjaga dengan baik (tidak diberitahukan kepada orang lain). Baik untuk lebih jelasnya sobat blogger dimanapun anda berada kita langsung saja menuju ke ... TKP :)


A. Langkah-langkah pembuatan VM
1. Setelah selesai instalasi dengan pemberian ip, misalnya kemarin kita menggunakan IP kelas C 192.168.3.76 maka akses untuk webbasednya dalah https://192.168.3.76:8006
2. Maka akan muncul gambar dibawah ini, masukan username root dan passwordnya dengan posisi Realm "Proxmox VE authentication server" klik Login untuk masuk ke panel Proxmox
3. Setelah masuk panel admin kita akan mebuat content sebagai file sumber sistem operasi ber-ekstensi .ISO
4. Klik pada panel kiri local (proxmox) kemudian lihat pada panel kanan pilih content (lihat gambar)
5. Klik upload untuk mulai memasukan file ISO sistem operasi rekan (lihat gambar)

6.  Kini rekan telah memiliki file ISO untuk salah satu sistem operasi misal disini adalah kita upload Windows 98 SE.iso.
7. Setelah selesai kita lanjutkan untuk membuat Virtual Manajer klik create VM (lihat gambar)


 B. Langkah-langkah pemberian hak akses VM
1. Klik Data Center pada panel kiri, pilih Tab user kemudian buat user (lihat gambar)
 2. Setelah rekan memiliki user klik pada qemu yang akan diberikan hak akses dilanjutkan dengan mengklik Tab permission dan Klik add 
3. Masukan user tadi yang telah kita buat ke qemu ini, sehingga qemu ini dimiliki oleh user tersebut, lanjutkan dengan klik add (lihat gambar)
 4. Selesai sudah pemberian hak akses pada VM atau qemu yang ditentukan, selanjutnya tinggal masuk menggunakan username dan password user tersebut dan akses qemu yang telah diberi hak untuk rekan semua.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi dunia pendidikan kita, maju terus blogger indonesia dan mancanegara.

1 comment:
Write komentar
  1. thanx tutorialnya gan...

    Saya mau tanya neh. setelah mencoba, saya berhasil melakukan instalasi dengan mulus dan lancar.. :D tetapi timbul masalah pada saat setelah create vm, setelah vm berhasil dibuat, kemudian saya klik kanan dan pilih start, muncul report eroor

    "TASK ERROR: No accelerator found!" atau

    "Could not access KVM kernel module: No such file or directory
    failed to initialize KVM: No such file or directory"

    saya melakukan test proxmox di 2 PC berbeda, dan error nya seperti diatas. Kira2 agan bisa bantu gak apa masalahnya dan gimana ngatasinya.. Thanx..

    ReplyDelete

Rating Histats

Kategori Berita