Wednesday, September 12, 2012

Learning Management System ElearningPro

Aplikasi LMS  adalah  program  komputer  yang  dibangun  untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.Program komputer  yang  dimaksud  tidak  hanya  mengelola  konten  pembelajaran  tetapi  termasuk juga alur kerja (workflow) proses pembelajaran, rekam jejak (track record) aktivitas belajar peserta didik, dan rekam jejak hasil belajar peserta didik.


Karekteristik  yang  dimiliki  oleh  aplikasi  pengelolaan  pembelajaran  ini  (LMS)  adalah  Student  Self  Service,  Online  Learning,  Online Assessment, Collaborative Learning, dan Training Resourcess Management. Tata kelola yang dimaksud dalam aplikasi  ini adalah standar operasional dan prosedur yang disepakati dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK.


Tata kelola ini ditetapkan dan didiseminasikan  ke seluruh warga sekolah.  Tata kelola ini akan menjadi acuan pelaksanaan  pembelajaran berbasis TIK
sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Teknologi  Client-Server  yang  mudah  dipergunakan  baik  oleh  Siswa  dan  Guru, dapat membuat dan membagikan (share) Konten belajar mengajar, memanajemen pengguna (user), Konten mengacu kepada kurikulum Nasional, Konten sesuai tingkat perkembangan anak didik, materi sesuai dengan Penyajian  secara  Interaktif,  tersedia  menu  Test/kuis  untuk  penilaian  dan tolak ukur pengetahuan siswa didik dalam memahami bahan yang telah diajarkan, mudah proses pemasangan (input) software, bersifat modular, mudah mengUpgrade aplikasi versi terbaru.

Menggunakan aplikasi Open Source, isi  Konten  bersifat  terbuka, Individu/organisasi  lain  mudah untuk mengakses, menyalin dan memodifikasinya sesuai kebutuhan, serta dapat diakses dari suatu lokasi dan dikirim ke lokasi lain (Accessible).

Konten bersifat fleksibel dan komponennya dapat digunakan kembali dalam pengembangan konten baru (reusable).Bersifat stabil dan dapat digunakan kembali meskipun terjadi perubahan pada sistem operasi dan paket software yang digunakan (durable).

Konten dapat diambil atau digunakan ditempat lain dengan tool atau dengan platform yg berbeda (Interoperability), dengan semua itu sehingga otomatis dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan mengurangi biaya dan waktu (Cost Effectiveness).

Menggunakan standar yang banyak digunakan dalam pembuatan learning object, sehingga mudah dalam penggunaan dan pengaplikasiannya.

No comments:
Write komentar

Rating Histats

Kategori Berita