Wednesday, September 12, 2012

Sejarah dan pengenalan MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Structure Query Language) berbasis DBMS (Database Manajemen Sistem) yang memiliki fitur multithread dan multi-user. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU (General Public Licence) tetapi ada juga yang menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus tertentu.
MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan Swedia MySQL AB, dimana memagang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Yang mendirikan MySQL AB adalah 2 orang Swedia dan 1 orang Finlandia yang bernama David Azmark, Allan Larson dan Michael Monty Widenius

Beberapa keistimewaan MySQL antara lain adalah :
1. Portabilitas
2. Perangkat lunak sumber terbuka
3. Multi-user
4. Performance tuning
5. Ragam tipe data
6. Perintah dan Fungsi
7. Keamanan
8. Skalabilitas dan Pembatasan
9. Konektivitas
10.Lokalisasi
11.Antar Muka
12.Klien dan Peralatan
13.Struktur tabel

MySQL termasuk salah satu database utama yang digunakan di Indonesia terutama di kalangan develover PHP. Hal ini dikarnakan antara PHP dan MySQL native integration, serta banyaknya penyedia hosting di Indonesia yang menyertakan produk ini.

Untuk mempelajari MySQL cukup mudah, bahkan sekarang sudah dapat dilakukan dengan berbasis GUI (Graphic User Interface) seperti dengan menggunakan PHPMyAdmin, MySQLFront dll.

No comments:
Write komentar

Rating Histats

Kategori Berita