Wednesday, October 23, 2013

KOLABORASI TIK PADA MATPEL

MATA PELAJARAN
SEJARAH INDONESIA

KELAS
X

NO KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifikasi sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 3.1. Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.

Mencari sumber di internet tentang pengertian-pengertian tersebut, kemudian tampilkan di blog masing-masing
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.
3.3. Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid).

Membuat history profile nenek moyang indonesia dengan menggunakan power point dan menampilkannya di kelas, selanjutnya power point di simpan di slide share internet
3.4. Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
3.5. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha

di Indonesia.
3.6. Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Mendownload dan menampilkan video-video tentang bukti-bukti kerajaan2 Hindu Budha dari youtube, kemudian membuat akun youtube dan menyimpan kembali secara berkelompok.
3.7. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
3.8. Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Mendownload dan menampilkan video-video tentang bukti-bukti masuknya islam dari youtube, kemudian membuat akun youtube dan menyimpan kembali secara berkelompok.


4
Mengolah. menalar. dan menyaji dalam ranah

konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1.Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik }, sinkronik. ruang, dan waktu dalam sejarah.

Buat kesimpulan dan buat dalam power point, untuk ditampilkan di depan kelas, selanjutnya di simpan di slide share internet
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.3. Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

Buat kesimpulan dan simpulan tersebut di tulis pada blog
4.4. Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yangberada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tertulis.
4.5. Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis. dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

Membuat histori profile dalam bentuk gambar berisi teks yang kemudian di simpan di album masing2 secara online. (flicker, google drive, sky drive)
4.6. Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
4.7. Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

Membuat video clip tentang sejarah masuknya islam dari youtube secara berkelompok yang selanjutnya dpat ditampilkan di depan kelas.
4.8. Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.

No comments:
Write komentar

Rating Histats

Kategori Berita